Senin, 08 April 2013

MAHASISWA UNMUH CIREBON KKM DI DESA GEMPOL

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Cirebon menggelar kuliah kerja mahasiswa di Desa Gempol, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Kamis (27/9/2012).
Ketua Koordinator Wilayah KKM Kecamatan Gempol, Nana Maulana menjelaskan, kegiatan itu merupakan salah satu wujud atau bentuk pengabdian terhadap masyarakat langsung dengan berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kegiatan kuliah kerja mahasiswa ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para mahasiswa pada semester VI di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Di dalam kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya dituntut menciptakan ide-ide yang kreatif tetapi harus diimbangi dengan. Action yang baik terhadap masyarakat yang ada di desa,” ujarnya.

Sehingga, hal itu jelas memberikan gambaran untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat terhadap berbagai hal, baik di bidang perekonomian dan pemerintahan. “Selama ini apa yang telah dipelajari oleh mahasiswa itu sendiri dapat diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat,” jelasnya.
“KKM ini mengusung tema pembelajaran pemberdayaan masyarakat yang mana dalam setiap kegiatan yang terprogram itu sepenuhnya melibatkan peran serta masyarakat baik anak-anak, remaja maupun orang tua,” imbuhnya.
Jamilah, Kepala Desa Gempol menyatakan, dengan adanya kegiatan KKM ini maka masyarakat merasa terbantu. Artiannya, dengan kegiatan mahasiswa ini masyarakat menyambut dengan antusias.
“Kami merasa terbantu sekali dengan adanya kegiatan KKM mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon ini mengingat pada umumnya masyarakat saat ini sangat membutuhkan peranan mahasiswa yang sifatnya membangun,” jelasnya.
Kegiatan kuliah kerja mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon dilaksanakan sejak 10 September hingga 6 Oktober 2012, yang terbagi dalam tiga desa di wilayah Kecamatan Gempol.
Diharapkan kegiatan itu berdampak positif bagi masyarakat, terutama membangun kesadaran masyarakat.
“Penting untuk ditekankan bahwa salah satu cara pendekatan terhadap masyarakat adalah dengan menjalin komunikasi yang efektif. Sehingga, akan mampu memberikan pengertian, rasa kesadaran dan tanggungjawab terhadap rangkaian kegiatan KKM itu sendiri,” ungkapnya. @moch mansur

0 komentar:

Posting Komentar